Ketika bekerja di rumah maka suasana dan struktur di rumah sangat berbeda dengan di kantor. Yang harusnya bekerja dengan teman dengan suasana fokus bekerja tiba-tiba menjadi bekerja dengan sembari mengawasi anak atau bekerja di tempat yang bercampur dengan tempat lain. Karena struktur di rumah sangat berbeda dengan struktur di kantor maka berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan :
Tentukan struktur tempat dirumah kita (mana tempat kita bekerja dan mana tempat kita bukan untuk bekerja)
Mengatur dan menyesuaikan kursi dan meja untuk bekerja dan apa saja yang ada didalamnya baik suasana dan bau serta pemandangan yang ada sangat mempengaruhi kondisi otak kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Membedakan mana tempat yang tidak untuk bekerja pun sangat membantu mental kita dalam bekerja terus menerus di rumah
Tentukan aplikasi meeting untuk conference
Kita pasti akan memerlukan komunikasi video dengan teman kerja kita baik secara terjadwal maupun secara tiba-tiba. Tentukan aplikasi yang ringan dan mudah kita pahami serta perhatikan gangguan bandwith kita, perhatikan ganggauan suara, perhatikan juga panggilan video masuk serta saling memastikan satu dengan yang lain.
Kuasai satu tampilan
Dengan hanya menampilkan satu tampilan akan membuat fokus pekerjaan semakin tinggi. Bila harus membuka youtube musik untuk menemani bekerja maka jangan mencoba menonton videonya, cukup dengarkan musiknya dan fokuslah pada satu tab pekerjaan kita.
Lakukan rutinitas tetap seperti bekerja
Seperti rutinitas bekerja pada umumnya, kita bangun lalu mandi lalu berganti baju dan melakukan pekerjaan kantor maka bekerja di rumah juga seperti itu. Melakukan pekerjaan pada kondisi malas saat bangun tidur dan tempat nyaman akan membuat kita kurang produktif bahkan lebih ke pengabaian pekerjaan.
Bersahabat dengan waktu dan energi kita
Bekerja di rumah memudahkan kita mengatur waktu dan energi, kita bisa menyetel mana saja yang perlu kita lakukan dan tidak. Produktivitas bukan hanya tentang apa yang kita lakukan, tetapi yang lebih penting adalah ketika kita melakukannya.
Tentukan batasan kita
Bekerja di rumah adalah kita harus bisa menentukan batasan kapan kita harus bekerja, kapan harus beristirahat dan kapan kita harus berhenti. Buat seolah bekerja di rumah juga memiliki jam kerja. Tampilkan dalam online jadwal seperti kalender google sehingga yang lain dapat mengetahui alur kita sedang bekerja atau tidak, mengganggu atau tidak, bisa dihubungi atau tidak.
Membuat daftar kerja harian
Yang membuat kita tetap bekerja di jalur yang benar adalah kita memiliki apa saja yang harus kita kerjakan setiap harinya. Buatlah daftar kerja harian satu hari sebelumnya misal malam hari sebelumnya karena ini akan membuat pola otak kita merekam untuk keesokan harinya.
Fokus bukan berarti mengurangi apa yang kita kerjakan
Bekerja di rumah memberi kesempatan kita untuk mengerjakan hal-hal lain yang tidak dapat kita kerjakan dikantor. Kesempatan kita untuk mengasah multi tasking kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar