Instalasi Aplikasi Fingerspot Time Management (FTM) untuk Versi dibawah 1.4.3.9

Assalamualaikum sahabat sidik jari. Dalam sistem absensi sidik jari atau wajah ada 2 komponen utama, yaitu mesin absensi sidik jari atau wajah dan aplikasi atau program absensi. Untuk mesin absensi memegang peranan sekitar 30% dalam falidasi penggunaan serta efisiensinya. Sedangkan untuk aplikasi absensi memegang peranan 70% karena memang di aplikasilah data tersebut akan diolah sesuai dengan sistem yang sudah ditentukan.

Kali ini kita akan mebahas aplikasi FTM yang merupakan program absensi untuk produk atau merek fingerspot. Untuk mengetahui apa itu FTM dapat dilihat di Sekilas Tentang Aplikasi Fingerspot Time Management (FTM), sedangkan menu-menu aplikasi FTM terdiri dari apa saja dapat dilihat di Menu Dalam Aplikasi Fingerspot Time Management (FTM).

Dan salah satu yang sering dipertanyakan oleh para pengguna mesin absensi sidik jari dan wajah fingerspot adalah bagaimana mengintalnya karena ada yang gagal melakukannya. Untuk itu kita akan bahas bagaimana mengintal aplikasi FTM.

Instalasi Aplikasi Fingerspot Time Management (FTM)




( Untuk versi dibawah FTM 1.4.3.9 )

-  Masukkan CD instalasi ke PC.

- Tunggu beberapa saat hingga menu Instalasi Fingerspot Time Management tampil seperti gambar dibawah ini.

Menu awal instalasi Fingerspot FTM
Menu Intalasi
-  Klik tombol instalasi yang tersedia, kemudian ikuti petunjuk di layar.

- Pada halaman Select Additional Tasks, jika MYSQL belum terinstall di PC, maka tandai Install Local MYSQL Server. Saran kita checklis atau tandai saja pada instal local MYSQL server karena mysql yang support harus v5 dan tidak boleh beda versi, jika sudah menginstal mysql maka abaikan opsi ini. Kemudian untuk ICON tandai juga sedang driver optional tergantung alat yang akan digunakan. Untuk pengguna tipe mesin maka driver tidak diperlukan tetapi untuk tipe UareU maka driver diperlukan. Lihat gambar dibawah ini.

Additional Task Instalasi
Additional Task
-  Kemudian ikuti petunjuk atau next - next saja hingga muncul MYSQL SETUP seperti gambar dibawah ini. 
MySql setup FTM
Mysql Setup

- Pada MYSQL SETUP jika pengguna pemula saran kita biarkan isi default kecuali server dan port. Untuk bagian server terdapat pilihan, untuk default awal pilihan pada localhost berarti database mysql yang Anda instal hanya bisa di akses di PC lokal,  sedangkan pilihan 192.168.% dan 10.122.% berarti database yang Anda instal hanya bisa di akses oleh IP 192.168.dst dan 10.122.dst, sedangkan untuk pilihan % berarti database Anda bisa di akses oleh PC lokal dan PC client. Untuk bagian PORT ini secara default berada di 3306, catatannya : jika PC belum terinstal MYSQL program lain maka default saja tetapi jika sudah ada MYSQL versi lain saran kita ubahlah port jangan di 3306. Mengantisipasi ketidaktahuan apakah ada MYSQL saran kita ubah saja port.

- Selanjutnya klik Ok

- Ikuti petunjuk selanjutnya, jika ada request instalasi driver maka tergantung alat yang akan digunakan. Untuk pengguna tipe mesin maka driver tidak diperlukan tetapi untuk tipe UareU maka driver diperlukan.

-Lanjutkan hingga selesai.

- Setelah selesai maka icon aplikasi FTM dapat dijalankan. Jika gagal maka akan muncul request pengaturan database seperti gambar dibawah ini. Maka uninstal aplikasi dan ulangi instalasi.

Tampilan Instalasi Gagal Muncul Pengaturan Database
Instalasi Gagal Muncul Pengaturan Database

- Jika berhasil maka akan muncul request serial number dan aktivasi seperti gambar dibawah ini.
Instalasi FTM Berhasil Muncul Isian Mesin Baru
Instalasi Berhasil Muncul Isian Mesin Baru
- Isilah serial number dan aktivasi dari serial number dan aktivasi yang tertera di cover CD aplikasi. Jika aktivasi ini hilang untuk pengguna yang menginstalasi kedua dan seterusnya maka dapat diperoleh dengan meregistrasikan di fingerspot. Bagaimana mendapatkan aktivasi ulang dapat mengikuti artikel Registrasi Produk Fingerspot.

- Untuk nama mesin dapat diisi nama instansi atau pun lokasi mesin. Koneksi diisi sesuai jenis mesin, ethernet untuk mesin yang support TCP/IP, USB untuk mesin yang koneksi ke PC/komputer dengan kabel USB, serial untuk mesin yang koneksi ke PC dengan kabel serial ( tipe ini sudah jarang bahkan tidak ada karena teknologi tidak berkembang ke serial ), web untuk mesin TCP/IP yang koneksinya dengan internet cloud. Internet Cloud ini dapat dilihat di artikel Cloud System Fingerspot.

- Selanjutnya langsung ke layar dan isikan TFT jika mesin berwarna layarnya atau BW jika mesin layar masih hitam putih. Kemudian Versi Alg isikan 10, sudah tidak ada mesin fingerspot yang menggunakan teknologi alogaritma 9. Untuk isian yang lain abaikan saja.

- Jika masih bingung bisa juga secara detail lihat Aktivasi Aplikasi Fingerspot Time Management (FTM)




-SELESAI-

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin absensi sidik jari ? Kami menjualnya 
- absensi Figerspot mulai 1 jutaan 
- absensi kana mulai 750 ribuan

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin akses kontrol/ kunci pintu/ kunci pintu hotel/ kunci kaca automatic sliding ? Kami menyediakan lengkap 
- kunci pintu hotel mulai 1,5 juta
- akses kontrol mulai 4 juta (mesin,anak kunci, bracket) 

Sahabat sidik jari membutuhkan training program absensi ? Kami melayani
- program fingerspot time management ( produk fingerspot )
- program fingerspot personnel ( produk neo dan revo )
- program kana ( produk kana )
- program attendance management ( produk fingerspot, solution )
- program fingerprint attendance system ( produk time tech & timetronik )

Sahabat sidik jari memerlukan tenaga pengelola absensi sidik jari ? Kami siap membantu
- tenaga absensi atau outshouching Rp 500 ribu / bulan untuk 5 kali kunjungan
 bonus : free kunjungan untuk handel program bermasalah atau mesin bermasalah

Sahabat sidik jari membutuhkan CCTV ? Kami menjualnya 
- CCTV Indoor dan Outdoor AHD support analog dan AHD 

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin bell jadwal kantor ? Kami menjualnya 
- mesin bell saja harga 2 juta dengan 99 memory jadwal bell 

Sahabat sidik jari membutuhkan sistem antrian customer ? Kami menjualnya 
- program antrian saja standart harga 5,5 juta untuk 5 counter ( harga dibawah atau di atasnya call kami )

Kami mengutamakan produk yang memiliki support after sales kuat dan terpercaya sehingga semua client kami memperoleh kemudahan bukan kesusahan

Demikian pembahasan Instalasi Aplikasi Fingerspot Time Management (FTM) atau di tahapan Sistem Fingerspot merupakan tahapan aktivasi. Tahapan berikutnya adalah karyawan yang dibahas diartikel Login dan Lupa Password Login FIngerspot Time Management (FTM) atau Seting Karyawan di Aplikasi FTM.



30 komentar:

  1. cd aplikasi fingerspot kami hilang, aplikasi yang ada di komputerpun hilang, adakah aplikasi yang bisa kami unduh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat bisa download aplikasi absensi di menu download blog ini, free dan jika sahabat kebingungan aktivasinya silahan info sn mesin

      Hapus
  2. Untuk terhubung dengan mesin maka harus melalui menu utama mesin. Jika memang penginstalan sudah benar dan memasukkan sn dan aktivasi yang sesuai maka aplikasi ftm dapat dipakai.
    Jika masih meminta database maka instalasi masih belum sesuai.
    Jika ingin instal ulang maka sahabat harus restart dahulu setelah uninstal kemudian hapus saja folder instalan lama atau pakai folder baru. Ini untuk menghindarkan template sampah setelah di unistal

    BalasHapus
  3. gan,,mau nanya nih,,kmren kan semat pake fingerspot dekspro series,,trus pas mau cetak laporan kok d kolom terlambatnya enggak muncul jumlah menitnya y,,mohon bantuanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf karena kesibukan di dunia nyata saya maka respon sahabat terlambat, solusinya lebih baik sahabat contak saya via WA agar saya segera mengetahuinya

      Hapus
    2. maaf. cd aplikasi fingerspot kami hilang, kami sudah instal aplikasi tetapi kami tidak tau kode aktivasinya, minta solusi !!!

      Hapus
  4. Kak .. minta bantuannya mengenai pengaturan jam kerja untuk shift 3 22:00-06:00 , banyak data yang invalid mungkin masalahnya di pengaturan jam kerjanya ya kak,,soal batas batas wakyunya gmana ya kak..
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa dipahami dan maaf jika penjelasannya kurang jelas :-)

      Hapus
  5. mas sy pakai aplikasi fp personal dan mesin revo 156 bnc, dulunya pakai aplikasi ftm karena mesinnya fingerspot multimedia series, nah di aplikasi fp personal ini sy tdk menemukan settingan user dianggap hadir jika harus scan masuk dan scan keluar pada waktu yg telah di tentukan, jika hanya scan salah satu maka dianggap tdk hadir. kalau di aplikasi FTM setingan itu ada. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk aplikasi Personnel memang tidak ada setingan seperti yang sahabat maksud, jika menginginkan setingan tersebut sahabat dapat upgrade aplikasi ke FTM

      Hapus
  6. aplikasi ftm saya tidak mau terhubung, selalu ada tulisan tidak bisa terhubung ke mesin,,padahal sudah sesuai settingannya,,mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika itu FTM versi 1.4.3.9 maka instalasi nya memerlukan windows net framework 3.5. Coba cek setingan ini.

      Hapus
  7. mohon bantuan untuk SN dan kode aktivasi u are u 4500

    BalasHapus
  8. mas bro ni mesin fingrspot lagi hang.., gmana solusiny..???

    Thanks..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hang belum tentu mesin rusak, ini terjadi bisa juga akibat tegangan listrik yang berubah mendadak, untuk memperbaiki hang ini, sebetulnya tergantung vendor mesin. Tetapi beberapa cara yang bisa dicoba adalah :
      1. Matikan mesin dan cabut semua sumber power baik adaptor maupun batery internal
      2. Silahkan sahabat tekan tombol di samping port USB, toimbol ini adalah reset. Fungsinya untuk merestart mesin bukan untuk mereset ke seting pabrikan.
      3. Untuk beberapa merek tidak ada tombol reset didekat port USb dan batery internalnya builin didalam, solusinya tekan secara bersamaan power+esc+menu
      Sementara hanya ini yang bisa saya infokan sekian

      Hapus
  9. Mohon maaf, kalau rusak di Port USB nya kira2 bisa diganti?
    Kasusnya mau download presensi tdk bisa krena tdk connec akibat Port USBnya rusak. Trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Port USB itu sama dengan port USB yang lain, jika bisa mengganti sendiri silahkan, jika tidak bisa ke ahlinya

      Hapus
  10. Siang mas, maaf setelah instalasi munculnya "Class not Registered" itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya itu terjadi kalau sahabat menginstal FTM versi 1.4.3.9 keatas atau menginstal personnel yang microsoft windows net framework 3.5nya belum diinstal. Maka setelah sahabat menjalankan aplikasi nya akan keluar class not registered.
      Solusinya instal ulang dengan menginstal net framework 3.5 dahulu.
      Jika belum sesuai saya minta maaf. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  11. Pak saya bisa minta activation code utk fingerspot personnel.Utk mesin Livo 151B.email: eko.arie.nugroho@gmail.com ,Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sn berapa? Karena aktivasi nya tergantung serial number mesinnya. Ada dibelakang fisik mesin atau di menu mesin dibagian sysinfo

      Hapus
    2. bisa minta activation code pada aplikasi FTM utk fingerspot personnel Neo-151NC Serial Number: 13061016030040

      Hapus
  12. Balasan
    1. Bisa, jika sdh ada sn mesin fingerspot silahkan info ke saya.

      Hapus
  13. pak kalo muncul pengaturan database kenapa ya? padahal kemarin kemarin masih bisa digunakan dan baik-baik saja

    BalasHapus
  14. bagaimana cara mendownload ulang sofware ftm

    BalasHapus
  15. pak, kok ngak bisa load laporan ya?
    saya pake yg versi v1.6

    BalasHapus
  16. halo, mohon bantuannya saya pakai Fingerspot Personnel v1.0.0.7. aplikasi berjalan normal, tetapi untuk fitur Downloader saat di klik button-nya, muncul error:
    Exception EOleSysError in module Downloader.exe at 0011DEF9.
    Class not registered.

    Saya sudah coba install di Win 10 dan Win 2008 R2 keduanya 64bit, errornya sama.
    Mohon pencerahannya, terima kasih

    BalasHapus
  17. kode aktivasi revo 151-bnc dong min, cd serial kami hilang
    serial number 2251016030173
    email : izamzamzami96@gmail.com

    BalasHapus
  18. cd aplikasi fingerspot kami hilang, kami kebingungan cari aktivasi, minta solusi

    BalasHapus

Absensi Sidik Jari Yogya

Apakah Anda bingung dengan karyawan yang sering terlambat?
Apakah karyawan Anda suka titip absen?
Atau Anda bingung memilih karyawan teladan?
Atau Pusing dengan rekapitulasi absensi?
Buktikan dengan Absensi Sidik Jari !!

Ion Persada menawarkan Sistem Absensi Sidik Jari dan Akses Kontrol yang efisien, nyaman, murah, dan aman dengan berbagai produk Mesin Absensi, Mesin Akses Kontrol Pintu, Hotel Lock, CCTV, Software Manajemen Absensi, dan berbagai produk biometrik lainya

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin absensi sidik jari dan wajah? Kami menjualnya
- absensi fingerspot mulai 600 rb-an

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin akses kontrol/ kunci pintu/ hotel lock/ kunci automatic sliding? kami menyediakan lengkap
- hotel lock mulai 1,5 juta
- kunci pintu/ akses kontrol mulai 3 jutaan

Sahabat sidik jari membutuhkan training program absensi? Kami melayani
- program fingerspot time management ( produk fingerspot )
- program personnel ( produk fingerspot neo dan revo )
- program attandance management ( produk fingerspot, solution, primatech, magic, innovation, mbio )
- program kana ( produk kana )
- program fingerprint attandance system ( produk time tech dan timetronik )

Sahabat sidik jari memerlukan tenaga pengelola absensi sidik jari? Kami siap membantu
- tenaga absensi/ outshorching

Sahabat sidik jari memerlukan CCTV? Kami menjualnya lengkap dengan pemasangan
- CCTV indoor dan out door AHD support analog dan AHD

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin bell jadwal kantor? Kami menjualnya
- mesin bell dengan 99 memory jadwal mulai 2 jutaan

Sahabat sidik jari menginginkan sistem antrian customer? Kami menyediakan
- program antrian harga mulai 5,5 jutauntuk 5 counter

Kami mengutamakan produk yang memiliki support after sales kuat dan terpercaya sehingga semua client kami memperoleh kemudahan bukan kesusahan