Cara Seting Jaringan Lan Mesin Absensi Karyawan Personnel V2

        Assalamualaikum wr wb sahabat sidik jari. Mesin absensi karyawan khususnya sidik jari dapat diakses melalui flash disk maupun melalui jaringan lan. Untuk akses data melalui flash disk pasti sahabat sidik jari banyak yang tahu dan paling mudah. Lalu bagaimana cara menseting mesin absensi karyawan produk fingerspot personnel seperti mesin absensi sidik jari seri Livo-151B, Neo-151NC, Revo D-152B, Revo Duo 158-BNC, New Revo 151BNC Black, Neo A 152NC, New Revo FF-153BNC ?

Berikut cara seting jaringan lan mesin absensi karyawan produk fingerspot personnel :

Catatan untuk sahabat : seting jaringan ini akan sukses jika .Net Framework windows sudah terinstal untuk itu baca Cara Instalasi Program Absensi Karyawan Fingerspot Personnel, jika belum maka instal ulang aplikasi sahabat.

1.   Tentukan IP jaringan Lan komputer sahabat. Mesin absensi karyawan tidak dapat mendeteksi secara auto jadi IP harus ditentukan. Masuk Control Panel => Network and Internet =.> Network and Sharing Center => Change adapter settings ( menu sebelah kiri ) => Pilih Local area connection klik kanan pilih properties => pilih Internet protocol vertion 4 ( klik 2kali ) dan masukkan IP komputer yang sudah sahabat tentukan. Jika komputer tidak terkoneksi dengan komputer lain sahabat akan bebas menentukan IP komputer tersebut misal 192.168.1.150 ( atau IP lain yang terpenting sahabat catat/ ingat IP nya berapa. Tetapi jika komputer sahabat juga terkoneksi dengan komputer dengan kata lain menggunakan hub maka masukkan IP yang bebeda dengan komputer lain tetap masih satu kelas. 

2. Langkah selanjutnya, tentukan IP mesin. IP mesin prinsipnya sama seperti komputer jadi masukkan IP yang satu kelas tetapi beda IP nya. Misal IP di komputer 192.168.1 150 maka IP mesin bisa 192.168.1.175 ( atau IP lain yang penting berbeda dengan komputer ). Cara memasukkannya berbeda dari komputer karena sahabat harus masuk ke menu mesin. Tekan Menu pada mesin => Setting => Jaringan sehingga tampak seperti gambar dibawah ini .

Seting IP Lan Mesin Absensi Karyawan Fingerspot Personnel
Seting IP Lan Mesin Absensi Karyawan Fingerspot Personnel 

Ikuti seperti petunjuk gambar, jika sudah maka langkah selanjutnya kembali ke komputer.

3. Seting jaringan lan di program Fingerspot Personnel. Caranya ikuti gambar dibawah ini :

Seting Jaringan Lan di Program Absensi Karyawan Fingerspot Personnel
Seting Jaringan Lan di Program Absensi Karyawan Fingerspot Personnel

Ikuti petunjuk gambar, setelah aplikasi di restart ulang maka sahabat sudah dapat menggunakan jaringan lan sebagai koneksi ke mesin absensi. Sahabat bisa menseting karyawan, mengupdate data karyawan di mesin, mendownload absensi, dan masih banyak lagi.



89 komentar:

  1. Saya koq ga bisa konek ya
    Setting di software 192.168.1.76
    Port 5500
    Setting mesin:ip address 192.168.1.76
    Gateway 192.168.1.6
    Port 5005
    Ip server 192.168.1.6

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ip software sudah benar cuman coba pastiin ip server itu adalah ip computer yang kita instali program ini, bisa jadi beda dengan gateway. TETATpi syarat utama konek yaitu pada instalasi programnya apakah sudah diinstal .Net Framework windows belom? kalau belum maka tidak akan konek2 walaupun seting ip nya benar

      Hapus
    2. Bagaimana cara memastikan instal Net.framework yg benar untuk wind.7, wind.8 dan 8.1

      Hapus
    3. Untuk win 7 keatas Net Framework 3.51 tidak perlu menginstal karena memang sudah bawaan windows. sahabat cukup mengaktifkannya saja. Caraa mengaktifkannya baca http://absensifingerprintyogya.blogspot.co.id/2016/03/cara-instalasi-program-absensi-karyawan-fingerspot-personnel.html.

      Tambahan kasus diatas pada bapak Agung Assamawaat itu yang membjuat tidak terkoneksi selain windows net framewordk adalah port harus sama, bisa mesin mengikuti port program atau program mengikuti port mesin.

      Hapus
    4. Dilihat di Menu Pengaturan terus di Tab atau Sub Menu Mesin. Jadi port program disini maksudnya bukan portnya program tetapi port mesin yang dimasukkan ke meni mesin. Jika port mesin menggunakan 5500 maka port di program yang harus diinput harus sama.
      Dengan kata lain Menu pengaturan si sub mesinitu adalah menambah mesin. jadi setingannya harus sesuai dengan mesin yang akan ditambahkan misalnya serial numbernya dan portnya.
      Semoga paham, jika belum jangan sungkan info lagi ya

      Hapus
    5. Untuk ganti Port didalam mesin bagaimana Pak?

      Hapus
  2. saya mendapati sedikit masalah dengan mesin fingerspot 151 NC saya
    awal mula saya ingin membuka menu pada mesin tetapi terdapat Login Manajer, padahal sebelumnya belum pernah ada data masuk
    bagaimana cara mengatasi hal tersebut?
    mohon bantuan nya
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bisa direset coba hubungi OS Fingerspot di www.fingerspot.com dan minta pandu reset mesin ke protek admin

      Hapus
    2. mf, saya menemui masalah saat melihat laporan harian. sebagian datanya tidak menampilkan waktu scan nya, dan pada listnya bewarna merah... apakah ada solusi?
      mohon bantuannya...

      terimakasih

      Hapus
    3. mf, saya menemui masalah pada data laporan harian, sebagian data pada listnya tidak menampilkan waktu scan nya dan listnya bewarna merah.
      apa ada solusi?
      mohon bantuannya...

      terimakasih

      Hapus
    4. Ada bebarapa hal yang perlu di cek :
      1. Tidak ada data scan di database program, ini bisa karena karyawan memang tidak absen atau data absen dimesin belum diambil. solusi : download scanlog atau downlot presensi pada menu mesin
      2. Karyawan belum ditempelin jadwal, Solusi : masuk menu karyawan dan pastikan terisi jadwal kerjanya
      3. Data scan atau absensi tidak sesuai dengan range waktu pada jadwal yang sudah kita buat
      4. Belum melakukan proses laporan
      sekian hal2 yang mungkin terjadi

      Hapus
  3. maaf mau tanya, saya pengguna Fingerspot Livo 151B
    awal pemakaian langsung scan data karyawan di mesin, akan tetapi waktu saya coba download data dari mesin ada keterangan "File error"
    itu kenapa ya ?! Mohon bimbingannya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu indikator windows net framework belum aktif atau jalan atau belum ada. Coba sahabt pastikan windows net frame work aktif, jika sudah mengaktifkan saran saya sahabat restart komputer jangan langsung instal program. Dan ingat ....instal program setelah windows net frame work aktif!!!!!

      Hapus
  4. Mohon bantuaannya, saya sudah berusaha untuk mengkonekkan FTM Premier Series dengan menggunakan IP Mesin 192.168.1.201 (defult), kemudian saya sesuaikan IP Komputer/Laptop dengan IP 192.168.1.20, setelah saya coba konek tetap tidak bisa (failed). mohon pencerahan dan salusinya. trima

    BalasHapus
  5. Koneksi ada 2 yaitu pada jaringan komputer dan pada program FTM.
    Untuk jaringan komputer maka sahabat cek dengan ping, dan menurut saya setingan sudah benar kecuali konflic IP atau kabel jaringan bermasalah.
    Untuk konek dengan program selain sahabat menseting IP mesin kemudian IP komputer, sahabat juga harus memasukkan IP mesin kedalam setingan Menu Mesin pada FTM
    Semoga sahabat paham, sekian

    BalasHapus
  6. saya ada msalah sayakan install ulang aplikasi fingernya nah tidak masuk ke server nya itu giman gan tlng pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemahaman saya aplikasi sahabat adalah Personnel, kemungkinan pertama : silahkan lihat artikel http://absensifingerprintyogya.blogspot.co.id/2016/02/intalasi-aplikasi-fingerspot-time_18.html .
      Kemungkinan kedua sebelumnya sistem databasenya menggunakan jaringan maka sahabat masuk ke pengaturan kemudian lain-lain kemudian pengaturan database. Pada bagian lokal sahabat ganti dengan IP adress komputer server, jika terdeteksi maka akan muncul database di bagian bawahnya lalu klik ok. Dan cek semoga sudah terkoneksi dengan server.
      Jika penjelasan saya kurang jelas mohon info lagi. Sekian

      Hapus
  7. gan saya mengalami fingerspot nya error ketika server host nya tidak muncul di software nya itu kenapa penyebanya gan tlng kasih tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini karena Mysql tidak ada atau tidak berjalan. Jika permasalahan ini terjadi setelah instalasi ulang berarti pada proses instalasi sahabat tidak mencek list "instal local mysql server" atau lihat http://absensifingerprintyogya.blogspot.co.id/2016/03/cara-instalasi-program-absensi-karyawan-fingerspot-personnel.html.
      Jika ini muncul setelah program dipakai berarti servis mysql nya berhenti atau rusak, silahkan cek di control panel bagian administrative tools kemudian klik 2x "servis" dan cari "MYSQL_FINAPP", lihat apakah servis ini star atau tidak

      Hapus
  8. Saya tidak bisa connect dari databasenya padahal settingannya udah benar...Tpi malah filed ketika saya connect

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ini terjadi pertama kali setelah instalasi maka proses instalasi sahabat salah, solusi nya instal ulang kemudian saat proses instal pastikan sahabat pilih atau cecklist "instal local mysql" dan next sampai selesai.
      Jika ini terjadi setelah pernah jalan maka ini karena servis mysql berhenti, solusinya masuk ke kontrol panel kemudian administrative tool kemudian servis kemudian cari mysql_finapp, pastikan jalan jika tidak mau jalan berarti ada konflik port akibat program baru yang terinstal menggunakan mysql juga. Solusinya buat salah satu program berjalan beda port

      Hapus
  9. Saya pengguna revo ff 162bnc
    Saya mengalami masalah pada koneksi komputer dengan mesin
    Setting ip sudah sesuai dengan instruksi
    Saat di ping dengan cmd sukses
    Tetapi ping pada software selalu gagal
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Selamat pagi
    Saya pengguna revo ff 162bnc
    Saya mengalami masalah pada koneksi komputer ke mesin
    Ip sudah saya setting sesuai instruksi .net juga sudah d install
    Kira2 apa yang menjadi masalah ya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jaringan maka yang perlu diperhatikan adalah :
      1. Windows net framework harus diaktifkan
      2. agar tidak diblok oleh wondows matikan setingan ke User Account Controler ke NEVER
      3. Seting IP di mesin dengan memasukkan IP yang dikehendaki dan IP server sebagai IP komputer serta tentukan port nya
      4. Seting IP di program dengan memasukkan IP mesin serta Port yang ada di mesin harus sama
      5. Matikan atau hilangkan centang pada TIMEOUT (lokasi pojok kanan program)
      Semoga dapat membantu
      , sekian

      Hapus
  11. Siang kak.
    ketika sy coba koneksi, koneksi tdk terhubung ke port. sy coba ping ip mesin nya hasilnya 'Reply from 150.107.137.33: Destination host unreachable.'

    jd saya coba cek dimana ya kak? tolong infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ip yang dimasukkan ke mesin belum sesuai sehingga muncul destination hist unreachable, dan setiap kita mengubah ip di mesin maka mesin HARUS direstart jika tdk maka ip yang kita ubah belum terpakai oleh mesin. Saran saya jangan menggunakan ip dinamik pada komputer, harus menggunakan IP statik

      Hapus
  12. Selamat pagi..
    Mau tanya kenapa tiap kali saya download attendance logs slalu gagal dan muncul tulisan "Invalid argument to date encode", mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mengalami hal ini. Jika ini attandance management silahkan kirim database MDB2000 ke saya, atau jika ini personnel maka coba sahabat kirimkan buckup database sahabat.
      Tambahan yang bisa sahabat cek jika personnel maka pastikan format tanggal yang dipakai di windows adalah : ( titik dua ) bukan . ( titik satu ). Karena mesin personnel membutuhkan format titik dua.

      Hapus
  13. Selamat siang
    Mau tanya mas. Klo mesin sudah konek tp gak bisa narik datanya itu kenapa ya? Cuma loading terus tp gak proses2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yang sahabat tanyakan adalah aplikasi personnel dan sahabat sudah mengikuti cara instalasi ( net framework, UAC, seting IP mesin dan IP server ) maka tinggal satu yaitu hilangkan cek list atau centang pada pojok kanan bawah pada "timeout". Semoga berhasil

      Hapus
  14. selamat pagi mas..
    kenapa ketika hendak mengambil data dari mesin lewat aplikasi "persiapan awal" lama ya bisa lebih dari 1 jam ??

    ceklist timeout sudah dihilangkan dan ketika di ping ke ip mesinnya bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat belum mengaktifkan atau menginstal windows net framework. Aktifkan net framework sebelum instalasi program, jika sudah terlanjur maka saran saya instal ulang

      Hapus
  15. siang mas
    mau tanya fungsi dari server port fingerprint apa ?? apakah harus disamakan dengan port localhost??

    bedanya dengan device port apa ya ?

    BalasHapus
  16. maaf saya mempunyai masalah. sudah saya aktifkan net frameworknya trus sudah saya restart pcnya, ip juga sudah saya seting. kok ttp ndak bisa conect ke pc? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek port di mesin dan program sudah sama/ terus saat konek hilangkan centang pada timeout kanan bawah program

      Hapus
  17. maaf saya mau bertanya, apakah mesin Revo FF-1622 BNC dapat di install di windows server 2012? netframework sudah terinstal, uac sudah saya pilih never, sudah setting ip mesin dan ip komputer. saya coba menggunakan windows 10 waktu mencoba informasi mesin bisa. tetapi di windows server 2012 tidak bisa connect, dan tidak muncul errornya. hanya tulisan menghubungkan ke mesin. mohon pencerahannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sahabat log out program personnel dan setelah itu hilangkan centang pada timeout di kanan bawah program personnel

      Hapus
  18. Selamat siang,
    saya pake revo 151 bnc, dari 3 komputer yg saya coba,hanya 1 yg bisa konek, padahal spek pc hampir sama,
    selain IP, NETFRAMWORK, UAC, FIREWALL, TDK CENTANG TIME OUT, KABEL, apa lagi ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sahabat logout personel jika kita telah melakukan perubahan setingan agar seting segera terpakai.

      Hapus
  19. saya mau tanya, saya pakai mesin x105 aplikasi di pc tiba tiba gabisa log ini, dan data pun ada yang ga ada scan masuk/keluar padahal di mesinnya masuk, itu gimana ya solusinya?

    BalasHapus
  20. Saya sudah mengikuti tutorial anda ,....
    Tetapi kok masih menghubungkan ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali lagi pastikan proses sebelum instalasi sesuai, selanjutnya hal sepele yang jarang dilakukan adalah menjalankan aplikasi sebagai administrator. Jadi klik kana ikon dan pilih run as administrator, ini kebutuhan personnel.

      Hapus
  21. Selamat Pagi,

    Saya pengguna Revo Duo dengan software fingerspot personel,
    apakah ada cara menampilkan laporan bulanan dengan format :
    nama karyawan | tanggal 1-31 dengan rincian (jam masuk | jam pulang)

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program personnel dibuat secara global jadi bisa dipakai di banyak bidang usaha maka hasilnyapun bersifat dafault. Untuk mengubah sesuai dengan yang kita harapkan maka kita dapat mengeksportnya ke exel.
      Untuk yang sahabat maksud menurut saya dapat menggunakan laporan rincian harian yang diexport ke exel

      Hapus
  22. Asalamualaikum.wr.wb.
    kakak - kakak suhu yang sudah berpengalaman tentang mesin fingerprint.
    aku mau nanya..permasalahan gagal ketika dikoneksikan..sebelumnya lancar2 saja. mendadak pagi2 pas dibuka ketika dikoneksikan gagal. dan di mesin absen nya ada status (bekerja). aku pake mesin absen x401.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya untuk tipe mesin ini sangat mudah pengaturannya. Jika status bekerja itu muncul padahal aplikasi tidak terkoneksi maka itu penyebabnya, sahabt tinggal restart mesin dengan menekan tombol kecil disebelah USB port

      Hapus
  23. Maaf sedikit merepotkan suhu.
    Saya menggunakan finger print solution p 206.
    Permasalahannya tidak bisa connect pada komputer saya.
    Kira* apa ada kerusakan pada mesin atau kesalahan saat instal ya suhu.
    Atau harus pakai windows khusus untuk menjalankan mesin absensi solution p 206 di komputer saya.
    Mohon bantuannya suhu,, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk seri P206 merupakan seri yang lengkap viturnya dan untuk konek mesin dengan PC sangat mudah. Intinya kita tentukan IP mesin dan tentukan IP komputer yang satu kelas misal 192.168.1.??. Jika sudah kita ping ip didalam mesin dan jika terbaca maka pasti bisa konek, jika tidak terbaca maka ada kemungkian port Lannya atau kabelnya.
      Mungkin sahabat bisa rinci lagi cronologinya, misal apakah ini mesin baru atau mesin lama yang tiba2 sebelumnya konek atau kasus lain.

      Hapus
  24. Selamat siang
    Mau tanya saya mau pilih type ko D152NB ko ngga ada ya....
    Ada.a type D152B
    BAGAIMANA SOLUSI.A YA

    BalasHapus
  25. selamat Pagi.. Mau tanya,,, bagaimanakan cara Restart Mesin finger print

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mesin tidak ada tombol restart, restart bisa dilakukan dengan mematikan power mesin atau melalui program absensinya

      Hapus
  26. Hallo Pak. Mohon dibantu pak, apa yang salah dengan tidak bisa nya koneksi ke mesin neo-151NC settingan nya seperti ini:

    Settingan Mesin absensi:
    Ip: 192.168.1.21
    GW: 192.168.1.6
    Ip server: 192.168.1.20
    Port : 5005

    Settigan di software:
    IP: 192.168.1.21
    Port : 5005

    Settigan di komputer
    IP: 192.168.1.20
    GW: 192.168.1.6

    Apa yang salah dr settinga di atas pak, kok tdk mau connect ya ke mesin. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk setingan ip sudah benar, jika belum terkoneksi perlu perhatikan :
      - setelah mengganti ip mesin HARus di restart agar ip berubah
      - pada program personnel. sdk nya menuntut aktifnya net framework 3.5
      - harus diinstal pada akun administrator jangan user
      - setelah program selesai diseting juga perlu di logout agar setingan segera berubah
      Mungkin hal2 itu yang perlu diperhatikan

      Hapus
    2. "harus diinstal pada akun administrator jangan user " itu maksutnya apa pak ?

      Hapus
    3. jadi diwindows sendiri bisa dibuat akun2, ada user ada administrator dll. Dibeberapa kantor bahkan karyawan hanya boleh membuka windows di akun user dan jika ingin menginstal harus konfirmasi ITnya. Nah pastikan akun windows adalah administrator.

      Hapus
  27. Brp harga mesin absensi utk 1000 pegawai ?

    BalasHapus
  28. assalamualaikum,
    semoga masih di respon,
    saya mau konek mesin finger dengan software FTM,

    dengan settingan ip
    ip komputer/serve = 192.168.1.202
    ip mesin = 192.168.1.201

    terus mau koneksikan server dengan ip server, pas di tes koneksi berhasil terus di klik OK, muncul tulisan
    "close and re open program"
    gitu masalahnya apa ya? apa ada yg salah dengan settingan saya?


    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eror atau failure aplikasi bukan karena konflick IP atau salah IP. Coba sahabat cermati lagi mungkin pada waktu penginstalan ada file yang eror atau menurut saya ada konflick mysql. Saya masih belum tahu persis apa penyebabnya karena eror itu bisa dikarenakan banyak hal.

      Hapus
  29. assalamualaikum, semoga masih direspon
    saya pake mau konekin mesin ke pc lewat jaringan LAN dengan software FTM

    Settingan Mesin absensi:
    Ip: 192.168.1.201
    GW: 192.168.1.202

    Settigan di software:
    IP: 192.168.1.201

    Settigan di komputer
    IP: 192.168.1.201
    GW: 192.168.1.202


    pas di tes koneksi, sukses, terus pas di klik ok, muncul tulisan
    "close and re open program"

    os yg dipake windows 10
    apa ada yg salah dengan settingan saya? atau masalah yg lain?

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyambung yang sebelumnya, tes koneksi pada database mysql? kemudian ok? atau yang mana? jika itu pasti mysql eror. Coba setup mysqlnya saja dengan port mysql diluar 3306.
      Kemudian info IP diatas ada yang salah, jika mesin sudah menggunakan IP 192.168.1.201 maka untuk IP komputernya harus beda, selain 201. Untuk IP yang dimasukkan dalam program sudah benar.

      Hapus
  30. BOS Bagaiamana nyambungin mesin ke leptop dengan kabel lan sih, saya udah coba bolak balik tetep gagal mulu...

    BalasHapus
  31. ada yang menggunakan mesin mugen mg500. infonya dong error tidak bisa masuk web server

    BalasHapus
  32. Pak saya ada masalah.mohon di bantu.saya beli 4 unit Revo 161B. 1 unit di install di win 7.tanpa masalah.waktu saya presentasi yg 3 unit ternyata user memakai OS win 8.dan yg terjadi gagal total.pak. masalahnya ketika habis install.mau upload data pegawai via mesin atau FD.tidak ada respon..untuk netframewaork 3.5 di install gagal.error..mohon minta solusi dan bimbingannya pak.terimakasih

    BalasHapus
  33. saya mau tanya,, saat ini saya menggunakan fingerprint solution,sebelumnya bisa dikoneksikan, setelah pindah kantor,dan dipasang lagi, tiba tiba tidak bisa koneksi lagi dikomputer,, itu kenapa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk merek mesin solution seharusnya setingan koneksi sangat sederhana. Sama seperti setingan jaringan lan atau TCP/Ip. Jadi kalau koneksi jaringan lan bisa diping maka pasti bisa.

      Hapus
  34. Apakah port yg ada di aplikasi personnel sama port yg ada dimesin hrs sama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, port yang dimesin hanya yang no. port, yang port server tidak perlu jika hanya untuk setingan localhost. Dan port ini harus sama dengan port yang kita masukkan ke dalam program personnelnya.
      Angka port bisa mengacu ke mesin atau mengacu ke program. Port bawaan mesin yaitu 5005 sedang bawaan program itu 5500.

      Hapus
  35. kalo ane ping ke mesin aja gak bisa kenapa ya,
    jadi kalo dicoba cek koneksi ke mesin pake software itu keluarnya gini "Tidak bisa terhubung dengan mesin! Silakan cek koneksi jaringan Anda..." nah itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diping saja tdk bisa maka perlu di cek ip adressnya, kemungkinan no 1 yaitu ip addressnya salah. Kemudian cek di network connectionnya, kalau unplug berarti kabel rusak atau lepas

      Hapus
  36. mohon info admin. saya newbie, baru menggunakan fingerspot revo D-152NB. untuk mengkoneksikan antara mesin dgn PC dibutuhkan kabel LAN RJ45. mohon dibantu untuk jenis konektornya pakai cross atau straight? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cros atau strike bisa semua, karena tergantung tipe jaringan sahabat. Kalau setingan mesin langsung pc maka menggunakan strike, sedang kalau mesin terus hub baru PC maka menggunakan cross

      Hapus
  37. Selamat malam mastah..
    Saya pakai Fingerprint Revo FF-162BNC, saya menemukan kendala ketika mencoba connect dari mesin 162BNC ke laptop (win7 x86) dengan kabel LAN (coba dg beberapa kabel Lan)

    1.net Framework 3.5.1 sudah centang (windows HTTP activation dan windows non HTTP activation)
    2.user account control sudah Never Notify
    3.Anti virus tak ada, firewall off
    4.Waktu Install centang install local mysql server+installing UareU win32 bit
    5.Sudah restart, laptop dan fingerspot nya beberapa kali saat setting IP dll
    6.Sudah run as administrator

    7.setting Mesin
    IP Address 192.168.1.198
    Subnet 255.255.255.0
    Gateway 192.168.1.251
    No.Port 5005
    IP server 192.168.1.251
    Port server 3309

    Software
    IP Address 192.168.1.198
    Port 5005

    Server localhost port 3309

    Timeout (pojok kanan bawah) tak dicentang

    Ping IP via CMD
    Ping static for 192.168.1.198
    Packets: sent=4, received=4, lost=0

    Network adapter sudah up to date

    Mohon bantuan nya mastah untuk menghubungkan laptop dan finger 162BNC nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisa saya
      Setingan sdh ok, maka :
      1. Cek kondisi kabel lannya jika ok, step lanjutnya
      2. Port yang perlu diperhatikan adalah "dimesin: no. port kalau tidak 5005 ya 5500" dan diprogram harus sama. Nah coba ganti port yang sebelumnya itu 5005, ganti ke 5500. Kemudian coba koneksikan lagi. Jika masih belum bisa, step berikutny.
      3. Step terakhir, jika masih menggunakan aplikasi personnel versi dibawah 1,2 maka silahkan ganti dengan versi 1,3. Bisa didownload di bagian download bloh ini.
      4. Jika masih belum bisa maka jurus super sakti ya ... saya cek langsung. Dijamin konek dengan mesin, tetapi mohon donasinya ... :-)

      Hapus
  38. mohon bantuan admin, apakah revo 153bnc bisa dikoneksikan ke pc dengan ip class yg berbeda? Dengan catatan sdh disetting di router sehingga pc sdh bisa ping ke mesin walaupun dengan ip class yg berbeda.

    BalasHapus
  39. Setiap saya instal ftm 4500 selalu masuk ke pengaturan database mohon solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba perhatikan lagi tahapan instalnya, ada bagian instal local mysql yang harus di centang. Jangan asal next-next saja.
      Jika tahapan instal local mysql sdh dan masih belum jalan coba cek ke bagian service mysqlnya jalan tidak.

      Hapus
  40. Terimakasih atas tutorial yang diberikan.
    Ada yang ingin saya tanyakan Pak, dan mohon pencerahannya.
    Sy menggunakan 2 unit fingerprint Fingerspot Neo A-152NC Plus, yang terhubung melalui LAN menggunakan switch-hub. Koneksi antara PC (1 unit) dengan ke-2 Mesin FP tsb. tidak ada masalah dan terkoneksi dengan baik (testing melalui aplikasi maupun melalui ping).
    a). Total karyawan ada 34 orang.
    b). Pada Mesin FP#1 terekam sidik jari 16 karyawan dengan ID dari 1 sd. 16 (data user/PEGAWAI yg telah dilengkapi attributnya telah di-upload ke mesin FP#1)
    c). Pada Mesin FP#2 terekam sidik jari 18 karyawan dengan ID dari 1 sd. 18 (data user BELUM di-upload mesin)

    Yang menjadi kendala saya adalah bahwa dalam Daftar Pegawai, yang tampil adalah Data Karyawan untuk Mesin FP#1 yang telah dilengkapi attribut datanya dan telah upload ke Mesin FP #1 (yang menggunakan ID 1..16).

    Pertanyaannya adalah:
    1. Bagaimana caranya, sy melengkapi data beserta attribut karyawan untuk di-upload ke Mesin #2, sementara yang aktif di tampilan saat ini adalah data karyawan Mesin FP#1 yang telah di-upload (16 orang dengan ID 1..16).
    2. Apakah sy hrs mereset data user di mesin FP#2 dan kembali merekam data sidik jari untuk mesin FP#2 dan ID perekaman sidik jari dimulai dari 17?
    3. atau ada cara lain untuk solusi permasalahan ini.

    Terimakasih. regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena sistem personnel dan mesin neo adalah data pertama akan di replice dengan data kedua bukan melengkapi misal data pertama adalah 16 maka jika terisi 2 lagi bukan menambah tetapi mengganti dengan yang 18 maka untuk mengantisipasi penambahan dikemudian hari saran saya buat mesin FP #1 sebagai master daftar atau registrasi untuk seluruh karywan dengan ni ID urut 1 sd 34 yang selanjutnya akan didownload ke personnel.
      Dari personnel baru kita pilih untuk karyawan di FP #2.
      Untuk FP #1 saran saya biarkan tetap 34 karyawan karena sebagai master.
      Selanjutnya di personnel kita buat departemen untuk memisahkan kedua karyawan di kedua mesin itu.
      Semoga bisa dipahami, sekian

      Hapus
  41. saya mengggunakan Fingerspot revo ff153bncpro. saya ingin koneksikan ke fingerspot attendance management. yang sbeelumnya bisa dikoneksikan di personnel mennggunakan kabel LAN. kenapa saya gak bisa koneksikan ke attendance management. tolong bantu solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fingerspot FF-153 BNC pro itu menggunakan aplikasi personnel, saya kurang paham istilah sahabat berkaitan fingerspot attandance management. Attandance management itu aplikasi juga dan milik produk yang diasslembling dari pabrik Zk sedang revo 153 bnc itu bukan dari pabrik ZK.
      Jika maksud sahabat personnel saja maka coba :
      1. restart aplikasi personnel
      2. jalankan aplikasi dengan run as administrator
      3. untuk instalasi baru perhatikan versi aplikasi, untuk versi 1,2 kebawah masih sangat ditentukan oleh windows net framework sedang aplikasi di atas 1,3 akan lebih mudah
      Untuk lebih detailnya bisa langsung kontak saya di WA saja

      Hapus
  42. Sy pynya revo ff-162BNC
    kalau sy ping mesin dari komputer berhasil, akan tetapi saat sy konekt melalui aplikasi selalu gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menggunakan aplikasi versi 3 ke atas harusnya bisa kebaca, kemungkinan aplikasi yang dipakai masih di bawah versi 1.2

      Hapus
  43. Saya mengalami masalah tidak bisa terhubung dengan mesin finger dari aplikasi yang sudha saya install. tolong pencerahannya suhu

    BalasHapus
  44. Permisi om mau tanya, di gedung A (gedung server) ada mesin fingerspot yg ini konek ke server bisa diunduh fingerlog. Tapi di gedung B tidak bisa konek ke server tidak bisa diunduh fingerlognya, solusinya gimana om?

    BalasHapus
  45. Ka boleh saya tanya kenpa di komputer saya setap buka aplikasinya itu keluar server setelah di klik default juga tidak bisa di ok tidak bisa jalan aplikasinya solusinya gmn ya ka...boleh di kirim ke email saya ka? @entikrohmah@gmail.com....terima kasih sukses selalu

    BalasHapus
  46. Selamat Pagi,

    mau tanya mas, saya pakai Fingerprint Merk Secure.
    sudah di Ping dan berhasil
    tapi saat cek status koneksi, failed
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  47. Saya mau tanya,
    saya menggunakan mesin Revo FF 153 BNC..
    Disini saya mengalami masalah di aplikasinya..
    Jadi tadinya saya sudah setting ip server dengan localhost..
    Setelah di dalam2nya saya set semua, dr settingan mesin, jam kerja, pegawai,dll.. saya ingin merubah ip server nya sesuai ip komp satunya, karna sebelumnya saya sudah sett di komp satuny n ok..
    ketika saya rubah ip nya, jadi tidak mau terbuka programnya..
    muncul setting an awal server nya, ketika saya ok muncul "close and reopen program" padahal setelah saya ganti almt ip nya, komp sudah saya restart..
    Mohon solusinya..
    Terima kasih..

    BalasHapus

Absensi Sidik Jari Yogya

Apakah Anda bingung dengan karyawan yang sering terlambat?
Apakah karyawan Anda suka titip absen?
Atau Anda bingung memilih karyawan teladan?
Atau Pusing dengan rekapitulasi absensi?
Buktikan dengan Absensi Sidik Jari !!

Ion Persada menawarkan Sistem Absensi Sidik Jari dan Akses Kontrol yang efisien, nyaman, murah, dan aman dengan berbagai produk Mesin Absensi, Mesin Akses Kontrol Pintu, Hotel Lock, CCTV, Software Manajemen Absensi, dan berbagai produk biometrik lainya

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin absensi sidik jari dan wajah? Kami menjualnya
- absensi fingerspot mulai 600 rb-an

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin akses kontrol/ kunci pintu/ hotel lock/ kunci automatic sliding? kami menyediakan lengkap
- hotel lock mulai 1,5 juta
- kunci pintu/ akses kontrol mulai 3 jutaan

Sahabat sidik jari membutuhkan training program absensi? Kami melayani
- program fingerspot time management ( produk fingerspot )
- program personnel ( produk fingerspot neo dan revo )
- program attandance management ( produk fingerspot, solution, primatech, magic, innovation, mbio )
- program kana ( produk kana )
- program fingerprint attandance system ( produk time tech dan timetronik )

Sahabat sidik jari memerlukan tenaga pengelola absensi sidik jari? Kami siap membantu
- tenaga absensi/ outshorching

Sahabat sidik jari memerlukan CCTV? Kami menjualnya lengkap dengan pemasangan
- CCTV indoor dan out door AHD support analog dan AHD

Sahabat sidik jari membutuhkan mesin bell jadwal kantor? Kami menjualnya
- mesin bell dengan 99 memory jadwal mulai 2 jutaan

Sahabat sidik jari menginginkan sistem antrian customer? Kami menyediakan
- program antrian harga mulai 5,5 jutauntuk 5 counter

Kami mengutamakan produk yang memiliki support after sales kuat dan terpercaya sehingga semua client kami memperoleh kemudahan bukan kesusahan